Waduh! Capaian KIA Boltim Terendah di Sulut

Subari Manangin (Kadis Dukcapil Boltim)

SeputarBoltim.com – Capain penerbiatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terendah di Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Boltim menempati urutan terakhir dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut dalam hal capaian penerbitan dokumen identitas untuk anak usia nol hingga 16 tahun tersebut.

Lambatnya proses penjaringan, input data hingga pencetakan KIA menjadi faktor masih sedikitnya anak-anak di Kabupaten Boltim yang memiliki dokumen penting itu.

“Hasil rapat kordinasi awal tahun (2022) ini menempatkan Boltim sebagai daerah kelima belas dalam capaian KIA. Seusai rekap data per Desember 2021, baru 16 persen capaian KIA kita dari sasaran 22.000an anak,” sebut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Boltim, Subari Manangin, Rabu (23/3/2022).

Untuk triwulan pertama 2022 ini, capaian KIA Boltim mengalami kenaikan sebanyak 3 persen sehingga sudah menjadi 19 persen. Namun masih tetap menempatkan daerah ini di posisi pamungkas pencapaian penerbitan KIA di Provinsi Sulut.

Menurut Subari, Dinas Dukcapil beberapa tahun terakhir sempat mengalami kendala dalam pelayanan penerbitan KIA. Diantaranya adalah kerusakan mesin cetak.

“Selama dua tahun (tidak bisa cetak KIA). Nah, kedepan kita akan targetkan pencapaian KIA terus meningkat,” katanya.

Untuk itu, Dinas Dukcapil akan melakukan lagi sosialisasi ke masyarakat tentang manfaat KIA serta menjaring kepesertaan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Boltim.

Adapun manfaat KIA diantaranya, sebagai data kependudukan, pemenuhan syarat anak mendaftat sekolah, sebagai salah satu syarat administrasi kepengurusan perbankan, syarat mendaftar BPJS dan klaim asuransi.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *