Ternyata Begini Manfaat Nomor Induk Berusaha Bagi Pelaku Usaha

Bimtek OSS RBA yang digelae DPMPTSP Boltim di Vila Tobongon, Kecamatan Modayag, Rabu 8 Desember 2021.

SeputarBoltim.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang perizinan berusaha berbasis resiko atau Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA), di Vila Tobongon, Kecamatan Modayag, Rabu 8 Desember 2021.

Bimtek tersebut diikuti oleh puluhan pelaku usaha di Kabupaten Boltim.

Assten III Setda Boltim, Rusmin Mokoagow, menyampaikan terimakasih kepada DPMPTSP atas penyelenggaraan Bimtek tersebut.

“Lewat Bimtek ini para pelaku usaha dapat memahami pentingnya Nomor Induk Berusaha, bisa dapat mengakses aplikasi OSS RBA untuk pengurusan perijinan usaha,” kata Rusmin saat membuka kegiatan itu.

Menurutnya, keberadaan OSS RBA akan mempermudah pelaku usaha menjalankan usahanya baik di daerah sendiri maupun di luar daerah.

“Karena NIB ini berlaku se Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemateri di Bimtek tersebut, Illaludin Asi, menjelaskan bahwa NIB merupakan dokumen perijinan pengganti dokumen lama seperti SITU, SIUP dan TDP.

“Pengurusan NIB ini gratis, mudah diakses lewat situs oss.go.id. Jika ada kendala penginputan data, silahkan minta pendampingan dari DPMPTSP,” sebutnya.

Salah satu pelaku usaha di Boltim, Yefta Sekeon, mengapresiasi Bimtek DPMPTSP.

“Dengan Bimtek ini kita bisa memahami bagaimana berusaha secara legal. Kami juga sangat terbantukan dengan pembuatan NIB secara gratis dengan pembimbingan DPMPTSP,” ketusnya.

 

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *