Seperti Ini Rencana Pemkab di Lahan HGU Lonsiow Motongkad

Sekda Boltim Sonny Warokka (berdiri) dan Kepala Kantor Pertanahan Boltim Yandry Rory (duduk) di Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria, di D'Katu Resto, Tombolikat Selatan, Rabu 18 Agustus 2021.

SeputarBoltim.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di eks lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Lonsiow, Kecamatan Motongkad.

Lahan tersebut dinilai paling layak dijadikan lokasi TPA sampah di Boltim.

Bacaan Lainnya

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Sonny Warokka, Pemkab membutuhkan lahan seluas 5 hektar untuk dijadikan TPA sampah.

“Salah satu kebutuhan Boltim saat ini adalah TPA sampah. Dibutuhkan 5 hektar untuk TPA sampah. Anggaran untuk pembangunan ini sudah ada di pusat, tapi prosesnya begitu panjang,” ujar Sonny Warokka.

Itu disampaikan panglima ASN Boltim ini saat menjadi pembicara di Rapat Kordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria yang digelar Kantor Pertanahan Kabupaten Boltim, di D’Katu Resto, Desa Tombolikat Selatan, Rabu 18 Agustus 2021.

Selain TPA sampah, lanjut Sonny Warokka, di lahan itu juga direncanakan dibangun markas Batalyon TNI AD.

“Nanti akan kita buatkan rencanan (pemanfaatan) di lahan HGU Lonsiow,” pungkas dia.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Boltim Yandry Rory menjelaskan, hak guna usaha PT Lonsiow sudah habis sejak 31 Desember 2010.

“Lahan HGU PT Lonsiow luasnya 162 hektar, terletak di Desa Motongkad Utara. Hasil peninjauan kami di lapangan, ada 49 bidang yang digarap oleh sebagian besar masyarakat setempat untuk perkebunan,” sebut Yandry.

Untuk pemanfaatan lahan oleh Pemkab Boltim, menurut Yandry, masih perlu dilakukan peninjauan lokasi dan pembuatan perencanaan oleh Pemkab.

(Red)

Pos terkait