RDP Dengan Dinas Pertanian, Komisi II: Pengelolaan Alsintan Amburadul

Sunarto Kadengkang dan Sofyan Alhansyi

SeputarBoltim.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Pertanian.

RDP tersebut digelar ruang rapat Komisi II, lantai II, Kantor DPRD Boltim, Senin 13 September 2021.

Bacaan Lainnya

RDP dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir, didampingi Ketua Komisi II Sofyan Alhabsyi dan Sekretaris Komisi II Sunarto Kadengkang.

Dalam RDP tersebut terungkap bahwa beberapa alat dan mesin pertanian (Alsintan) di Dinas Pertanian Boltim, sekian lama berada di tangan pihak tertentu. Bahkan, ada juga yang berada di luar daerah Boltim.

“Menurut saya managemen Alsintan di Dinas Pertanian ini amburadul, ini harus dibenahi,” ujar Sekretaris Komisi II, Sunarto Kadengkang.

Dengan kondisi ini, Sunarto menyarankan agar dilakukan penertiban Alsintan, menginventarisir kembali kemudian dikelola dengan managemen yang lebih baik lagi.

Ketua Komisi II DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi menegaskan, pihaknya akan turun ke Kabupaten Bolmong untuk mengecek langsung kondisi salah satu jenis Alsintan yang disinyalir berada di sana.

“Semua Alsintan, apapun kondisinya, semuanya harus dikumpul kembali untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” sebut Sofyan.

Dia juga menyampaikan, akan mengagendakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolmong bersama Dinas Pertanian.

“Karena di Bolmong pengelolaan Alsintannya cukup baik, mereka itu contoh,” ungkapnya.

Soal keberadaan sejumlah Alsintan di tangan pibak tertentu, kata Kepala Dinas Pertanian Boltim Mat Sunardi, terindikasi ada anggota kelompok tani peminjam Alsintan yang ingin menguasai secara pribadi aset tersebut.

“Kami setuju untuk dilakukan penarikan lagi seluruh Alsintan dan akan dilakukan pengelolaan lebih baik lagi, ” tukasnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *