Produk Pangan Harus Aman Bagi Konsumen

Bimtek Keamanan Pangan yang digelar Dinas Kesehatan Boltim, Kamis 18 Nopember 2021. (Foto: Ist)

SeputarBoltim.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ingin memastikan bahwa semua produk industri rumah tangga pangan, benar-benar layak konsumsi, aman dan terhindar dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Hal ini mengemuka pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, di sebuah Resto di Kecamatan Mooat, Kamis 18 Nopember 2021.

Bacaan Lainnya

Bimtek tersebut menghadirkan para pelaku industri rumah tangga pangan di wilayah Kabupaten Boltim.

Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi menerangkan, lewat Bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas SDM pelaku industri dalam memproduksi pangan yang aman.

“Sehingga tidak ada cemaran baik fisik, biologi maupun kimia yang ikut masuk dalam pangan, entah melalui tempat pengolahan, peralatan yang digunakan, perilaku pengolahnya sendiri atau dari bahan makanannya,” kata Eko.

Dengan menjaga mutu pangan, lanjut Eko, produl akan mampu bersaing di pasar modern.

Eko menyebutkan, jenis-jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh jika tercampur dalam makanan seperti Rhodamin B dan Boraks.

“Bahan-bahan ini berbahaya dan memberikan reaksi negatif bagi tubuh,” ungkapnya.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto dalam kegiatan tersebut mengatakan, Bimtek ini bertujuan memberikan pembekalan kepada pengelola atau pemilik industri rumah tangga pangan agar memproduksi pangan yang sehat, bermutu, higienis dan tentunya layak konsumsi.

“Dengan mengikuti program-program yang ada semoga pelaku usaha yang memiliki industri rumah tangga semakin berkembang sehingga bisa, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku UMKM,” katanya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *