Penerima Bantuan Alsintan Wajib Tahu Ketentuan Ini

Salah satu alsintan bantuan Kementrian Pertanian RI untuk kelompok tani di Kabupaten Boltim.

SeputarBoltim.com – 12 kelompok tani (Poktan) akan mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementrian Pertanian.

12 unit Alsintan ini terdiri dari 4 unit jenis traktor roda empat dan 8 unit cultivator.

Bacaan Lainnya

12 kelompok tani calon penerima bantuan ini terdiri dari 4 kelompok tani di wilayah pesisir (Kecamatan Nuangan dan Kecamatan Tutuyan), susahnya 8 unit untuk 8 kelompok tani di wilayah gunung (Kecamatan Modayag dan Mooat).

Sekretaris Dinas Pertanian Boltim, Benny Mokoginta, menjelaskan bahwa rencana penyaluran bantuan tersebut masih menunggu fisik SK dari Kementrian Pertanian.

“Barangnya (12 unit Alsintan) sudah ada, SK sudah dikirim via WA tapi kami menunggu data rilnya,” ujar Benny, Rabu 6 Oktober 2021.

Lanjut dikatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang akan digunakan saat penyerahan Alsintan kepada 12 kelompok, serta perlu melaporkannya kepada Bupati Boltim.

“Nantinya kita tidak lagi menggunakan paradigma lama yaitu yang menerima bantuan hanya perwakilan kelompok saja. Untuk bantuan ini, semua anggota kelompok wajib hadir saat penyerahannya nanti,” terangnya.

Dinas Pertanian juga menekankan, kedepan akan ada ketentuan soal pemanfaatan bantuan tersebut.

“Jika nanti ada persoalan di internal kelompok tani, ada komplen atau kelompok tidak produktif lagi, maka dinas akan menarik bantuan itu dan akan diberikan kepada kelompok lain yang membutuhkan,” pungkas Benny.

(Red)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *