Pemerintah Pastikan Jalan Balukut Segera Diaspal

Kondisi jalan di Pemukiman Transmigrasi Bukit Balukut. Jalan ini akan segera diaspal pada tahun 2022. Foto ini diamblil 16 Oktober 2021.

SeputarBoltim.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memastikan bahwa warga di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Bukit Balukut, di Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), segera menikmati jalan aspal.

Tahun 2022, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui Disnakertrans Provinsi Sulut akan membangun jembatan dan peningkatan akses jalan Motongkad-Bukit Balukut.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Transmigrasi, Disnakertrans Provinsi Sulut, Tonny Lumowa, mengatakan bahwa sesuai hasil pembahasan pada Juni 2021 di Kementerian bersama Kadis nakertrans, serta melalui jalur wakil menteri dengan surat resmi dari Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw yang ditujukan ke Wamen, Kemenakertrans akan mengucurkan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk fasilitas umum di Pemukiman Transmigrasi Balukut

“Pembahasan bulan juni kemarin fasilitas umum kembali dianggarkan pada 2022. Mudah-mudahan terealisasi. Sebagai info semua proposal kabupaten yang lolos hanya kabupaten Boltim,” ujar Tonny Lumowa, dikutip dari AksaraNews.com, Jumat 22 Oktober 2021.

Selain itu, Tonny Lumowa juga menjelaskan, perihal kekurangan guru dan tenaga medis di UPT Bukit Balukut sepanjang 2021 ini, karena tidak dialokasikan lagi honor bagi para petugas tersebut.

Ini karena UPT Bukit Balukut sudah sempat diterbitkan SK Menteri tentang Penyerahan dan tanggung jawab ke Kabupaten pada tahun 2019.

Padahal, kata dia, masa pembunaannya masih sampai dengan tahun 2021.

“(Perihal) ini sudah diklarifikasi ke Kementerian oleh Kepala Disnakertrans Sulut,” ungkapnya.

“SK Menteri kaitan penyerahan didasarkan penilaian tim indepeden, namun sudah kami protes dan klarifikasi pada forum-forum tingkat kementerian maupun datang langsung,” tambahnya

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *