Mahasiswa Boltim di Tondano Rawat Kebersamaan dalam IPMI

Masa Penerimaan Kader (Maperka) yang digelar IPMI Boltim di Tondano, 15-17 Oktober 2021. (Foto: Hendri Mokodompit/RakyatBMR.com)

SeputarBoltim.com – Sejumlah mahasiswa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di Tondano, Kabupaten Minahasa, terus merawat kebersamaan mereka.

Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (IPMI) menjadi wadah para mahasiswa Boltim merekatkan silaturahmi sesama putra daerah Boltim yang menempuh pendidikan di daerah itu.

Hal ini dipertegas saat Masa Penerimaan Kader (Maperka) yang diikuti 15 calon kader IPMI Boltim di Minahasa, 15-17 Oktober 2021.

“Di sini kalian adalah keluarga, meski dari latar belakang agama, dan ras berbeda namun kalian dipersatukan dalam ikatan yang berasal dari tanah, tempat tinggal dan daerah yang sama yaitu Bolaang Mongondow Timur,” kata Dewan Pendiri IPMI Boltim, Taufik Mamonto, dikutip dari RakyatBMR.com, Senin 18 Oktober 2021.

Ketua Umum IPMI Boltim, Wiranto Lauma, saat penutupan kegiatan Maperka menuturkan bahwa kegiatan kaderisasi merupakan program tahunan Paguyuban Mahasiswa Boltim di Tondano.

“Ini merupakan proses regenerasi kader yang dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini menentukan layak atau tidaknya seorang Mahasiswa asal Boltim untuk menjadi pengurus selanjutnya,” kata Wiranto.

Dijelaskan bahwa pengkaderan merupakan dasar utama seorang pelajar atau mahasiswa asal Boltim untuk unjuk kemampuan memimpin dan dasar utama menjadi kader IPMI.

“BerIPMI itu wajib hukumnya mengikuti Maperka, karena dari sini kita diajarkan bagaimana berpaguyuban, dengan pengetahuan kedaerahan dan penguatan kebudayaan serta kekeluargaan dalam perantauan,” ungkapnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *