Legislator Pegunungan Pantau Bakal Akses Kokapoy-Togid

Para anggota DPRD Dapil II Boltim bersama camat saat berdiskusi di rumah Sangadi Kokapoy. (F: Ist)

SeputarBoltim.com – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) daerah pemilihan (Dapil) II, meninjau persiapan akses jalan Kokapoy-Togid pada Kamis 22 Juli 2021.

Para legislator di pegunungan ini memperkirakan, jika akses tersebut terbuka dan dibangun fasilitas jalan aspal, maka waktu tempu dari Modayag ke ibukota Boltim, Tutuyan, akan lebih cepat ketimbang melalui akses jalan Atoga.

“Pembangunaan akses jalan ini akan menjadikan wilayah pesisir dan pegunungan menjadi lebih dekat baik dari waktu maupun jarak tempu,” kata anggota DPRD Boltim Dapil gunung, Hj Sutanti Ginoga, Titiek S Mamonto, Dahlan Saniman dan Alamri Matiala, Jumat 23 Juli 2021.

Mereka menjelaskan, meski akan menjadi jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Ibukota Boltim dan wilayah Gunung maupun daerah-daerah tetatangga, pembanguna jalur tersebut belum serta Merta dapat dibangun.

“Sebab, jalur tersebut akan melintasi areal hutan negara. Ini perlu pengkajian dan kordinasi yang kuat antara Pemkab, Pemprov dengan pemerintah pusat,” jelas mereka.

Menurut mereka, hal itu perlu dilakukan agar kelak ketika jalur tersebut dibuka, tidak akan timbul kendala hingga dampak hukum bagi daerah.

(Red)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *