KPU Segera Plenokan Pengisi PAW Anggota Fraksi Golkar

Abdul Kader Bachmid (Anggota KPU Boltim)

SeputarBoltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah menerima surat permintaan nama pengganti satu anggota DPRD dari Partai Golkar, almarhum Suradi Simbala, dari DPRD Boltim.

Surat tersebut diterima KPU Boltim pada Senin 4 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah surat dari DPRD untuk meminta nama pengganti, PAW, yang menyertakan akta Kematian atas nama almarhum Suradi Simbala,” ujar Kader Bachmid, Ketua Divisi Teknis KPU Boltim, Selasa 5 Oktober 2021.

Kader menjelaskan, pihaknya akan melakukan rapat pleno untuk memutuskan siapa nama pengganti dalam proses PAW tersebut.

“Kita akan periksa dokumen-dokumennya, termasuk dari calon pengisi PAW, waktu kami selama lima hari kerja,” terangnya.

Dokumen yang dimaksud, jelasnya, diantaranya adalah daftar Caleg di daerah pemilihan yang dilakukan penggantian.

Untuk lima hari kerja, telah dihitung sejak Senin 5 Oktober 2021. Sebab, kata Kader, surat dari DPRD masuk pagi hari sehingga telah dihitung Senin itu dalam satu hari kerja.

“Intinya kita pelajari semua dokumen, jika sudah sesuai maka kami akan tetapkan dalam rapat pleno, selanjutnya membalas surat dari DPRD meski belum genap lima hari kerja sesuai kewenangan yang diberikan,” pungkasnya.

Diketahui, satu anggota Fraksi Partai Golkar, Suradi Simbala, meninggal dunia pada 4 Agustus 2021.

Partai Golkar lewat rapat plenonya telah memutuskan untuk mengajukan proses PAW untuk pengisian kursi kosong di DPRD Boltim.

Golkar merekomendasikan Sunardy Sumanta sebagai pengisi PAW anggota fraksi mereka DPRD.

Om Ding, sapaan akrab Sunardy Sumantha, merupakan Caleg 2019 dengan perolehan suara ketiga di Dapil II Boltim (sekarang Dapil I: Kecamatan Modayag Barat, Modayag dan Mooat).

Partai Golkar sendiri memiliki dua kursi di Dapil tersebut. Yakni yang pernah diduduki almarhum Suradi Simbala sebagai peraih suara terbanyak pertama dan Edsyuko Tedean sebagai peraih suara terbanyak kedua.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *