Fraksi PDIP Punya Solusi Atasi Masalah Sampah

Medy Lensun (Wakil Ketua DPRD Boltim/Ketua DPC PDIP Boltim)

SeputarBoltim.com – Fraksi PDIP di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki ide untuk mengatasi masalah sampah di daerah. Sampah kerap menjadi keluhan masyarakat karena mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Masalah sampah di Kabupaten Boltim merupakan ‘penyakit’ menahun yang hingga di usia ke-13 Kabupaten Boltim saat ini belum juga teratasi.

Bacaan Lainnya

Menurut fraksi PDIP, salah satu solusi agar masalah sampah tertangani adalah dengan menyediakan alat incinerator, sebuah alat pembakar sampah atau limbah.

“Dengan alat ini, sampah dapat diubah menjadi abu setelah proses pembakaran pada suhu tertentu. Tentu terlebih dahulu dibutuhkan pemilahan sampah organik dan anorganik,” ujar Medy Lensun, anggota DPRD Boltim Fraksi PDIP yang ketua DPC PDIP Boltim.

Menurut Wakil Ketua DPRD ini, alat pembakar sampah bisa diadakan di tiap desa dengan memanfaatkan dana desa.

Bahkan, desa bisa menyediakan sekaligus dengan armada pengangkut dan petugas khusus pengelola sampah.

“Di kecamatan juga bisa mengadakan alat itu. Ini agar sampah atau limbah bisa tertangani dari lingkup terkecil yakni di tingkat desa dan kecamatan,” ungkapnya.

Wakil Bupati Boltim pertama ini optimistis, jika gagasan tersebut diimplementasikan maka masalah sampah di Boltim tidak akan lagi menjadi momok menahun bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Boltim.

(Red)

 

Pos terkait