Bukan Dosen Biasa, Tahu Cara Hilangkan Stres Mahasiswa Saat Ujian

Stevy Kalangi menguji mahasiswanya di alam terbuka. Metode ini untuk menghilangkan stres mahasiswa pasca ujian.

SeputarBoltim.com – Namanya Stevy Kalangi. Dosen bergelar doktor dan magister theologi ini punya cara yang tak biasa untuk menguji mahasiswanya.

Dosen di Sekolah Tinggi Teologi Pentakosta (STTP) Mooat, Kecamatan Mooat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini, memilih menggelar ujian bagi mahasiswanya di alam terbuka, di lokasi wisata pula.

Baginya, menguji mahasiwa di luar kampus justru memiliki dampak psikologi tersendiri bagi mereka.

Stevy Kalangi, dosen Sekolah Tinggi Teologi Pentakosta (STTP) Mooat.

“Kita uji di sini, di sebuah lokasi wisata dengan alam terbuka, supaya mahasiswa tidak tegang, mereka bisa menjalani ujian sekaligus melihat keindahan alam. Kita kenalkan keindahan Boltim kepada Meraka,” kata Stevy, ketika menggelar tes akhir semester kepada 35 mahasiswa semester I, jurusan Pendidikan Agama Kristen dan Theologi, di Goba’ Molunow, Sabtu 4 Desember 2021.

Menurut Stevy, sebagian besar mahasiswanya berasal dari luar daerah.

Mahasiswa Semester I jurusan Pendidikan Agama Kristen dan Theologi mengikuti tes akhir semester di Goba’ Molunow, Sabtu 4 Desember 2021.

Sehingga para mahasiswa mendapatkan pengalaman tersendiri ketika di ajak melaksanakan mengijuti proses belajar atau ujian di lokasi-lokasi wisata di Boltim.

“Mahasisawa kita hanya sebagian kecil putra-putri Boltim. Ada yang dari Toraja, Riau, Medan, Surabaya, Kalimantan dan Halmahera,” ketusnya.

Usai menjalani ujian, lanjutnya, para mahasiswa berkesempatan berdiskusi dan menikmati keindahan alam Boltim.

Usai mengikuti ujian, para mahasiswa memanfaatkan waktu untuk menikmati keindahan alam. Bagi mereka, inilah momen ujian yang terasa liburan.

“Saat ujian, mereka tegang dan serius. Tapi begitu selesai ujian, mereka bisa fresh kembali. Mereka menikmati keindahan alam,” tuturnya.

Sesilia Nayoan, salah satu mahasiswi Sekolah Tinggi Teologi Pentakosta (STTP) Mooat, mengaku senang dengan pola ujian di lokasi wisata.

“Senang, karena bisa sekalian menikmati panorama alam, ujian tapi setelah itu serasa seperti liburan” ungkapnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *