Ada Informasi Penting Dari Kantor Pertanahan Untuk Nelayan dan Pelaku UMKM

Yandry Rory (Kepala Kantor Pertanahan Boltim)

SeputarBoltim.com – Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Yandry Rory mengungkapkan, pihaknya memiliki anggaran untuk penerbitan sertifikat untuk 350 bidang lahan yang dikhususkan untuk nelayan dan pelaku usaha kecil dan menengah.

Meski anggarannya telah tersedia, kata Yandry, program tersebut belum berjalan karena belum ada pengajuan dari pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

“Ada anggarannya untuk 350 bidang di tahun ini. Terdiri dari 250 bidang untuk UMKM dan 100 bidang untuk nelayan. (Pengakuan penerbitan sertifikat) Ini diusulkan oleh pemerintah daerah,” terang Yandry.

Menurutnya, dalam pembuatan sertifikat 350 bidang bagi nelayan dan pelaku UMKM ini, hanya dibutuhkan beberapa dokumen saja.

Yaitu foto copy KTP, kartu keluarga (KK), bukti penetapan pajak dan bukti kepemilikan tanah.

“Tanah yang diusulkan untuk disertifikasi harus yang betul-betul belum miliki sertifikat. Jangan sampai sudah ada sertifikat induknya, nanti tumpang tindih,” imbaunya.

Khusus untuk sertifikat 100 bidang bagi nelayan, menurut Kepala Dinas Perikanan Boltim, Nasarudin Paputungan, pihaknya sudah mengusulkan sebanyak 59 bidang tanah untuk disertifikasi.

“59 itu terdiri dari 36 bidang untuk nelayan tangkap dan 23 untuk nelayan budidaya,” jelas Nasarudin.

Lanjut dikatakan, Dinas Perikanan masih akan menambah usulan sesuai kuota 100 bidang.

“Tentunya program ini sangat membantu nelayan kita sehingga kita akan manfaatkan program ini dengan maksimal sesuai kuota yang tersedia di Kantor Pertanahan,” pungkasnya.

(Red)

Pos terkait